Sunday 30 September 2012

Dani Pedrosa berhasil memenangi seri ke-14 di Aragon



Keunggulan Lorenzo atas Pedrosa di papan klasemen sedikit terkikis setelah Dani Pedrosa berhasil memenangi seri ke-14 di Aragon, sedangkan Jorge Lorenzo finis di posisi dua.  Di MotoGP Aragon, Minggu (30/9/2012) malam WIB, Pedrosa yang membalap untuk Repsol Honda mengemas kemenangan keempatnya musim ini.

Lorenzo,  yang meraih pole di Aragon, harus puas finis di posisi dua. Hasil itu bukan saja membuatnya sudah tujuh kali naik podium secara beruntun, tetapi juga dapat poin penting dalam persaingan menuju gelar juara dunia.

Dengan hasil di Aragon, Lorenzo masih memuncaki klasemen pebalap dengan 290 poin. Sedangkan Pedrosa yang ada di posisi dua klasemen pebalap (257 poin) sudah berhasil memotong selisih, walau cuma sedikit. Maka keduanya tinggal terpaut 33 angka dengan empat seri tersisa musim ini; Motegi, Sepang, Phillip Island, dan Valencia.

Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa melakukan start dengan baik dan mampu menjaga posisinya di tempat terdepan. Sedangkan Ben Spies langsung melewati Cal Crutchlow untuk mengisi posisi tiga.

Setelah dilewati Nicky Hayden, Valentino Rossi nyaris bersenggolan dengan pebalap lain. Rossi berhasil menghindarinya tetapi kehilangan waktu berharga.

Di posisi depan, Pedrosa terus membayangi Lorenzo. Pedrosa tampak siap mencuri peluang untuk melewati Lorenzo dan mengambil alih.


Beberapa saat sebelumnya Hayden tampak meluncur meninggalkan lintasan, menabrak pagar pembatas, dan terpelanting melewati pagar itu. Ia pun out dari balapan.

Dengan 19 lap masih tersisa, Stefan Bradl yang baru saja melewati Spies untuk menempati posisi tiga membelok dengan tak mulus dan berakhir di gravel. Sementara itu Crutchlow sedang dibayangi Andrea Dovizioso.

Pedrosa berhasil mengambil alih posisi terdepan dari Lorenzo saat balapan menyisakan 17 lap lagi. Melihat ada celah di sebelah kiri Lorenzo, Pedrosa langsung memacu motornya dan gantian memimpin balapan.

Dengan 14 lap tersisa, Pedrosa tampak terus menjauhkan diri dari Lorenzo yang kini berjarak sekitar 1,5 detik darinya. Sementara Rossi yang sempat tercecer ke posisi belakang akibat insiden di awal balapan kini sudah berada di posisi delapan.

Sepuluh lap tersisa, Pedrosa masih ada di depan Lorenzo. Di belakang mereka ada Spies, Dovizioso, dan Crutchlow yang berebut posisi tiga.

Di lima lap akhir, Dovizioso dan Crutchlow keduanya pebalap tim Monster Yamaha Tech 3 tampak berebut posisi tiga, sedangkan Spies sudah tergeser ke posisi lima.

No comments:

Popular Posts